Hasibuan, Faqih Hakim (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Sekolah Dasar. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8156184003 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 8156184003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (920kB) | Preview
3. NIM 8156184003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM 8156184003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM 8156184003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6. NIM 8156184003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 8156184003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 8156184003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (918kB) | Preview
12. NIM 8156184003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13. NIM 8156184003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari model pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada pembelajaran konvensional dan masih sedikit melakukan pengembangan model pembelajaran dalam kegiatan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif pada Pendidikan Sekolah Dasar? (2) Menghasilkan validitas Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif pada Pendidikan Sekolah Dasar? (3) Menghasilkan efektivitas Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif pada Pendidikan Sekolah Dasar? Penelitian dilaksanakan di SD UPT SPF 101788 dan UPT SPF 101789 Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Metodologi yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and developmental/R&D). Produk yang dihasilkan, yaitu: RPP, BPG, BPS, LAS, BM, THB divalidasi oleh ahli desain, ahli bahasa, dan ahli model, kemudian dilanjutkan uji perorangan, uji kelompok kecil dan kelompok lapangan. Pengujian keterlaksanaan model pembelajaran tematik terpadu kemudian dilanjutkan dengan uji efektivitas. Temuan penelitian ini: (1) Model pembelajaran yang ditemukan adalah model pembelajaran tematik terpadu berbasis indikator berpikir kreatif. Tingkat kevalidan isi dan konstruk Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif memperoleh kategori valid. (2) Tingkat kepraktisan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif memperoleh nilai IO = 4,5 kategori tinggi. (3) Tingkat keefektifan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif dipengaruhi oleh 4 aspek, yakni: kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh nilai 3,43 kategori sedang, kreativitas siswa memiliki nilai proporsi = 2,66 kategori sedang, aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 21% kategori tinggi, aktivitas guru memiliki rata-rata 50%.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Has p |
Keywords: | Model Pembelajaran Tematik Terpadu; Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 05:18 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46694 |