Ginting, Dina Tania (2022) Pengaruh Model Pemberlajaran Kontekstual dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 157635 Aek Dakka 2 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206182004 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2. NIM. 8206182004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM. 8206182004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 8206182004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. NIM. 8206182004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 8206182004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 8206182004 LISTOF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8206182004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
13. NIM. 8206182004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 8206182004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran akan berhasil dengan melakukan upaya perbaikan melalui strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki gaya belajar visual, kinestetik, dan auditori, dan interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 157635 Aek Dakka 2 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah dengan jumlah keseluruhan 84 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas SD Negeri 157635 Aek Dakka 2 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 30 mengikuti pembelajaran model kontekstual dan sebanyak 30 mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dan angket untuk gaya belajar. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa pada kelas kontekstual berbeda daripada kelas konvensional, hasil belajar PKn siswa memiliki perbedaan berdasarkan gaya belajar, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Gin p |
Keywords: | Kontekstual; Konvensional; Gaya Belajar; dan Hasil Belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:27 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46635 |