Damanik, Rizka Nurlina (2022) Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196172005 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 8196172005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (754kB) | Preview
3. NIM. 8196172005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 8196172005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM. 8196172005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8196172005 TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM. 8196172005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8196172005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (775kB) | Preview
12. NIM. 8196172005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 8196172005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis besar pengaruh (effect size) dari model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) untuk mengetahui model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (3) untuk melakukan metaanalisis pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif dengan metode metanalisis yang dilakukan di Digital Library UNIMED dengan sampel penelitian sebanyak 16 publikasi ilmiah yang terakreditasi di sintaristekdikti tahun 2010-2020. Data yang digunakan sebagai bahan metaanalisis dari artikel yang terpilih adalah data-data statistik untuk dapat menghitung effect size dan standar eror. Selanjutnya setelah melewati tahap ini, dilakukan metaanalisis untuk dapat mengetahui heterogenitas, summary effect dan evaluasi publikasi bias. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari 16 studi didapat 1 studi yang memiliki effect size tertinggi dengan penerapan Model Project Based Learning dengan nilai effect size sebesar 0,875. Penelitian ini memiliki besar pengaruh tertinggi diantara studi-studi lainnya. Selanjutnya effect size terbesar peringkat kedua dan ketiga dengan nilai effect size sebesar 0,828 dan 0,719. Model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dianggap lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dengan besaran pengaruh sebesar 0,875. Hasil metanalisis model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tergolong pada kategori kuat dengan kuat dengan rRE= 0.455 Rekomendasi pada penelitian ini ialah mahasiswa lebih memperdalam literasi informasi berkenaan tentang penelitian metaanalisis khususnya di bidang pendidikan matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Dam m |
Keywords: | metaanalisis; model pembelajaran; kemampuan berpikir kreatif matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 10:18 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 10:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46517 |