Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.

Damanik, Rizka Nurlina (2022) Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8196172005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8196172005 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8196172005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8196172005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8196172005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8196172005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8196172005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8196172005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8196172005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8196172005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8196172005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8196172005 TABLES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8196172005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8196172005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8196172005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8196172005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8196172005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8196172005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8196172005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8196172005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis besar pengaruh (effect size) dari model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) untuk mengetahui model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (3) untuk melakukan metaanalisis pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif dengan metode metanalisis yang dilakukan di Digital Library UNIMED dengan sampel penelitian sebanyak 16 publikasi ilmiah yang terakreditasi di sintaristekdikti tahun 2010-2020. Data yang digunakan sebagai bahan metaanalisis dari artikel yang terpilih adalah data-data statistik untuk dapat menghitung effect size dan standar eror. Selanjutnya setelah melewati tahap ini, dilakukan metaanalisis untuk dapat mengetahui heterogenitas, summary effect dan evaluasi publikasi bias. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari 16 studi didapat 1 studi yang memiliki effect size tertinggi dengan penerapan Model Project Based Learning dengan nilai effect size sebesar 0,875. Penelitian ini memiliki besar pengaruh tertinggi diantara studi-studi lainnya. Selanjutnya effect size terbesar peringkat kedua dan ketiga dengan nilai effect size sebesar 0,828 dan 0,719. Model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dianggap lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dengan besaran pengaruh sebesar 0,875. Hasil metanalisis model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tergolong pada kategori kuat dengan kuat dengan rRE= 0.455 Rekomendasi pada penelitian ini ialah mahasiswa lebih memperdalam literasi informasi berkenaan tentang penelitian metaanalisis khususnya di bidang pendidikan matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Dam m
Keywords: metaanalisis; model pembelajaran; kemampuan berpikir kreatif matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jul 2022 10:18
Last Modified: 19 Jul 2022 10:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46517

Actions (login required)

View Item
View Item