Pasaribu, Tio Ria (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN DAN GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136121030 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8136121030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 8136121030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM. 8136121030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM. 8136121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM. 8136121030 TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. NIM. 8136121030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 8136121030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM. 8136121030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM. 8136121030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM. 8136121030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi daripada hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran KWL; (2) untuk mengetahui hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi daripada hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret; dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Binjai tahun akademik 2014/2015yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah keseluruhan populasi 139 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 91 siswa yang terdiri dari 45 siswa kelas X IPS2 yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran PQ4R dan 46 siswa kelas X IPS3 yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran KWL. Instrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 35 soal dengan koefisien reliabilitas 0,9054. Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur gaya berpikir sekuensial diadaptasi dari DePorter dan telah distandarisasi untuk mengetahui klasifikasi gaya berpikir sekuensial siswa pada setiap kelompok subjek penelitian.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran PQ4R x ̅ = 23,6 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar membaca bahasa Prancis siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran KWL x ̅ = 21,37 ,dengan Fhitung = 19,91 > Ftabel = 3.96; (2) rata-rata hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak x ̅ = 23,55 lebih tinggi daripada hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret x ̅ = 21,44 dengan Fhitung = 18,52 > Ftabel = 3.96, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa dengan Fhitung = 84,47 > Ftabel = 3.96.
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak adalah strategi pembelajaran PQ4R sedangkan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran KWL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Pas p |
Keywords: | Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Gaya berpikir; Sekuensial abstrak; Sekuensial konkret |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 04:53 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4640 |