Malia, Emma (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK OFFICE-CONFERENCE DI SMK NEGERI 9 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132048 Cover.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. 8126132048 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (771kB) | Preview
3. 8126132048 Abstrak.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. 8126132048 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. 8126132048 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 8126132048 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. 8126132048 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8126132048 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8126132048 Bab I.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
10. 8126132048 Bab V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
11. 8126132048 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan guru bahasa Inggris dalam menggunakan media mind mapping di SMK Negeri 9 Medan. Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan guru bahasa Inggris dalam menggunakan media mind mapping melalui supervisi akademik office-conference di SMK Negeri 9 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (Action Research) yang dilaksanakan di SMK Negeri 9 Medan dengan subjek penelitian sebanyak 5 orang guru bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif melalui dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata serta persentase keberhasilan keterampilan guru bahasa Inggris yaitu gambaran aktivitas peneliti dalam supervisi akademik office-conference dan aktivitas guru bahasa Inggris dalam pembelajaran. Sebelum tindakan melalui supervisi akademik office-conference dimulai, diberikan pre-tes kepada guru bahasa Inggris untuk mengetahui kemampuan awal guru bahasa Inggris, kemudian diberikan keterampilan dalam menggunakan media mind mapping melalui supervisi akademik office-conference. Setelah tindakan selesai, diberi pos-tes kepada guru bahasa Inggris untuk melihat peningkatan keterampilan guru bahasa Inggris dalam menggunakan media mind mapping. Hasil temuan penelitian diperoleh nilai rata-rata pada saat pre-tes sebesar 36, 66 dan meningkat menjadi 71, 42 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86, 42 pada siklus II. Adapun setelah melakukan tindakan pada siklus I yaitu meningkatkan keterampilan guru bahasa Inggris dalam menggunakan media mind mapping, tingkat keterampilan guru bahasa Inggris mencapai 20%. Hal ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris belum mencapai standar ketuntasan. Beranjak dari refleksi tindakan yang telah dilakukan pada siklus I, maka pada siklus II, setelah diberikan tindakan yang lebih optimal dan intensif maka diperoleh 100% guru bahasa Inggris yang terampil dalam menggunakan media mind mapping. Jika semua guru bahasa Inggris mencapai nilai ≥ 80 dalam menggunakan media mind mapping atau memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan maka penelitian ini dianggap tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan supervisi akademik office-conference dapat meningkatkan keterampilan guru bahasa Inggris dalam menggunakan media mind mapping di SMK Negeri 9 Medan. Disarankan kepada pengawas serta kepala sekolah untuk menerapkan supervisi akademik office-conference untuk melakukan pembinaan kepada guru dalam rangka meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media mind mapping khususnya bagi guru bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 658.302 Mal p |
Keywords: | Keterampilan guru; Mind mapping; Supervisi akademik; Office-conference |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 22:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4477 |