Siregar, Maya Rossiana (2014) PENGARUH METODE INQUIRY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA DI KELAS V SD NEGERI NO. 064978 MEDAN DENAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126181011 Cover.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2. 8126181011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
3. 8126181011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. 8126181011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. 8126181011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. 8126181011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. 8126181011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126181011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 8126181011 Bab I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
10. 8126181011 Bab V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
11. 8126181011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan Metode Inquiry dan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan metode Konvensional; (2) Perbedaan hasil belajar IPA dari siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah; dan (3) Interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.064978 Medan Denai pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 70 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPA sebanyak 24 siswa pada kelas A dan sebanyak 24 siswa pada kelas B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPA dan angket motivasi belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi experimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan Metode Inquiry lebih tinggi daripada hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan metode Konvensional (Fhitung = 1,749 > Ftabel = 2,65); (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (Fhitung = 1,351 > Ftabel = 2,64); dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa (Fhitung = 1,303 > Ftabel = 2,66). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Inquiry lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan metode konvensional baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar. Implikasi dari hasil penelitian ini meninjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan metode Inquiry lebih tinggi hasil belajarnya daripada siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sir p |
Keywords: | Motivasi; Metode inquiry; Metode konvensional; Metode pembelajaran; Ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4406 |