META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Naibaho, Meri Natalia (2021) META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163111045 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163111045 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163111045 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163111045 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163111045 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163111045 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163111045 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163111045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163111045 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163111045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163111045 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163111045 BAB I.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163111045 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163111045 BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163111045 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163111045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah meta analisis, yaitu dengan menganalisis atau mereview kembali artikel jurnal dari hasil-hasil penelitian yang telah dipubliskasikan. Dari hasil penilaian dan relevansi jurnal diperoleh 11 artikel jurnal dan dapat diakses secara online melalui Google Scholar yang telah diterbitkan pada tahun 2016-2020. Hasil dari penelitian meta-analisis ini menunjukkan jika model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat berpengaruh besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMP dengan persentase terendah 34.15% sampai dengan yang tertinggi 78.74%. Berdasarkan dari hasil meta analisis menunjukkan juga jika model pembelajaran CTL memberikan pengaruh yang besar terdapat hasil belajar Matematika jika dilihat melalui effect size dengan skor sebesar 2,033. Sehingga dapat ditarik kesimpulan jika model pembelajaran CTL sangat efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 221
Keywords: Meta analisis; Contextual teaching and learning; Hasil belajar; Pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Nov 2021 08:53
Last Modified: 24 Nov 2021 08:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43919

Actions (login required)

View Item
View Item