Sitanggang, Esra P.H (2021) Pengembangan Aplikasi Pesan Instan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Kelas VIII Smp Negeri 2 Sumbul Tahun Ajaran 2020/2021. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176122008 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 8176122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. NIM. 8176122008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8176122008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 8176122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. NIM. 8176122008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 8176122008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM. 8176122008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 8176122008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
13. NIM. 8176122008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
14. NIM. 8176122008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk aplikasi pesan instan whatsapp sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS yang layak dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall, adapun proses pembuatan produk ini meliputi tahapan sebagai berikut : (1) analisis kebutuhan untuk mengidentifiaksi tujuan, (2) analisis instruksional, (3) analisis pembelajar dan konteks, (4) merumuskan tujuan performansi, (5) mengembangkan instrumen penelitian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, (8) melakukan evaluasi formatif, (9) melakukan revisi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Uji ahli materi pembelajaran masuk dalam kriteria sangat layak yaitu dengan skor 93,26 % .(2) Uji ahli desain instruktural pembelajaran masuk dalam kriteria sangat layak yaitu dengan skor 92,36 %. (3) Uji ahli media pembelajaran masuk dalam kriteria sangat layak yaitu dengan skor 92,96 %. Hasil pengujian hipotesis membuktikan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan produk aplikasi pesan instan whatsapp berupa video pembelajaran dengan siswa yang tidak menggunakan produk aplikasi pesan instan whatsapp. Hal ini disimpulkan dari hasil pengolahan data dimana nilai thitung. > ttabel yaitu 8,16 >1,67 dengan taraf siginifikan 0,05. Kesimpulan akhir adalah efektifitas hasil belajar IPS dengan produk aplikasi pesan instan whatsapp pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbul, yaitu sebesar 84,5. Sedangkan hasil belajar IPS sebelum menggunakan produk aplikasi pesan instan whatsapp adalah sebesar 63,66.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Sit p |
Keywords: | Aplikasi pesan instan Whatsapp; Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 04:12 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43323 |