Lubis, Indah Putri Pratama (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 MEDAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151111034 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4151111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM. 4151111034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 4151111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5. NIM. 4151111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 4151111034 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 4151111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM. 4151111034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 4151111034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
13. NIM. 4151111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 4151111034 BIBLIGEOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Medan, (2) mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Medan dalam berpikir kritis matematis setelah diajar dengan model Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII-1 SMP Negeri 16 Medan T.A. 2019/2020. Pemilihan subjek dalam penelitian ini berdasarkan teknik pengambilan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data yaitu; (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Medan setelah diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) diketahui bahwa 28,13% siswa dengan kategori sangat rendah tidak memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis, 18,75% siswa dengan kategori rendah tidak memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis, 31,25% siswa dengan kategori sedang tidak memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis, 18,75% siswa dengan kategori tinggi memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu indikator menganalisis, dan 3,12% siswa dengan kategori sangat tinggi memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu menginterpretasi, menganalisis, dan menginferensi, (2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Medan dalam berpikir kritis matematis pada siswa kemampuan berpikir kritisnya sangat rendah yaitu kesulitan prosedur, prinsip, dan ketidaklengkapan pengetahuan, pada siswa kemampuan berpikir kritisnya rendah yaitu kesulitan prosedur dan ketidaklengkapan pengetahuan, pada siswa kemampuan berpikir kritisnya sedang yaitu kesulitan lambang-lambang dan prosedur, pada siswa kemampuan berpikir kritisnya tinggi yaitu kesulitan prosedur, serta pada siswa kemampuan berpikir kritisnya sangat tinggi yaitu kesulitan prosedur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-MAT-243 |
Keywords: | Kemampuan berpikir kritis matematis; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 03:39 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43282 |