Sakdiah, Halimahtun (2020) Konstruksi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Surat Kabar Di Tanah Batak Sumatera Utara 1940-1945. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3162121002 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 3162121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 3162121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 3162121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 3162121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 3162121002 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 3162121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
11. NIM. 3162121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
12. NIM. 3162121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh surat kabar terbit di Sumatera utara yang telah memuat berbagai macam jenis iklan salah satunya iklan kecantikan yang menjadi kebutuhan setiap manusia salah satunya perempuan yang ingin terlihat cantik dan merawat tubuh dengan menggunakan produk kecantikan yang ada didalam surat kabar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perkembangan surat kabar (2) Bagaimana jenis iklan kecantikan (3) Bagaimana menganalisis perkembangan isi dari iklan kecantikan (4) Tahapan jenis iklan. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) Mengetahui perkembangan surat kabar di tanah batak Sumatera Utara, (2) Mengetahui jenis iklan kecantikan yang terbit di tanah batak Sumatera Utara, (3) Mengetahui menganalisis perkembangan isi dari iklan kecantikan surat kabar di tanah batak Sumatera Utara, (4) mengetahui jenis tahapan iklan priode 1940-1945, Metode dalam penelitian ini menggunakan teori ilmu semiotika/ analisa wacana , teknik pengumpulan, wawancara dan teknik analisa data, yang akan menelaah iklan tentang kecantikan perempuan di media massa yang terbit di wilayah tanah batak, Sumatera Utara periode tahun 1940-1945. Iklan kecantikan yang ditemukan dimedia massa yang ditelaah lebih condong wajah perempuan Eropa, sejalan dengan masuknya ideologi bahwa eropa lebih unggul dalam segala hal dibanding pribumi. Citra perempuan yang digambarkan melalui iklan dapat dilihat dari dua sisi yaitu eksternal/internal. Iklan kecantikan telah mengkonstruksi konsep kecantikan yang datang dari luar kepada pribumi di nusantara. Iklan yang bermunculan sejalan dengan mulai berdirinya biro iklan, sehingga iklan bekerja dari filosofis yang tidak hanya bekerja sekedar menjual produk namun sudah berubah menjadi konstruksi baru tentang kecantikan dengan strategi rayuan/pujian. Iklan ini berupa ajakan agar konsumen tertarik membeli produk yang membangkitkan daya tarik keinginan perempuan agar terlihat cantik dan menarik. Produk iklan yang ditampilkan,berupa desain gambar dan narasi masing masing iklan akan ditampilkan dalam tulisan ini. Tulisan ini juga akan memaparkan bagaimana konsepsi cantik berupa tubuh seksi, hidung mancung, rambut ikal yang ditawarkan oleh iklan di media massa sebelum kemerdekaan ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-SJRH-016 |
Keywords: | Konstruksi Kecantikan Perempuan; Iklan di Surat kabar 1940-1945 |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) D History General and Old World > D History (General) > D839 Post-war History, 1945 on D History General and Old World > D History (General) > D880 Developing Countries |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:04 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42611 |