Putri, Rahmawida (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMEDIAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173022 Judul.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. 8126173022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. 8126173022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. 8126173022 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. 8126173022 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. 8126173022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 8126173022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126173022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9. 8126173022 Bab I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
10. 8126173022 Bab V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
11. 8126173022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual (PBLM); strategi pembelajaran berbasis masalah (PBL); dan pembelajaran konvensional (K) terhadap hasil belajar biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.A. 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas terdiri dari kelas pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual; kelas pembelajaran berbasis masalah; dan kelas konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 10 soal dan tes hasil belajar biologi sebanyak 27 soal yang telah divalidkan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Covarians (ANACOVA) dan uji lanjut Bonferroni dengan bantuan program SPSS 19.0 dan Systat 13.0.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual secara signifikan tidak berbeda dibanding dengan pembelajaran berbasis masalah; 2) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual secara signifikan lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran konvensional; 3) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran konvensional; : 4) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual secara signifikan tidak berbeda dibanding dengan pembelajaran berbasis masalah; 5) Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual secara signifikan lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional; 6) Kemampuan berpikir siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Put p |
Keywords: | Media pembelajaran; Berpikir kritis; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran berbasis masalah; Ekosistem; Audiovisual |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4258 |