PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DAN DITINJAU DARI SIKAP SISWA DI SMAN UNGGUL BINAAN BENER MERIAH

Arianto (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DAN DITINJAU DARI SIKAP SISWA DI SMAN UNGGUL BINAAN BENER MERIAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 081188730047 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 081188730047 Judul.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 2. 081188730047 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 081188730047 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 3. 081188730047 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 081188730047 Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 4. 081188730047 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 081188730047 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 5. 081188730047 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 081188730047 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 6. 081188730047 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 081188730047 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 7. 081188730047 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 081188730047 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 8. 081188730047 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 081188730047 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 9. 081188730047 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 081188730047 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. 081188730047 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 081188730047 Bab V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 11. 081188730047 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 081188730047 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan open-ended dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mempunyai sikap positif terhadap matematika dengan siswa yang mempunyai sikap negatif terhadap matematika, (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan sikap terhadap matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematik siswa, (4) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan open ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksprimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan open ended dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program IPA SMAN Unggul Binaan Bener Meriah dan sampelnya adalah siswa dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih secara acak sebanyak dua kelas. Penelitian ini diawali dengan uji instrumen kemampuan berpikir kreatif matematik yang menunjukan bahwa (1) validitas tes adalah valid dengan dengan kriteria sedang dan tinggi, (2) reliabilitas tes adalah 0,59 dengan katagori sedang. Pengolahan data menggunakan uji gain ternormalisasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa dilanjutkan dengan uji statistik berupa uji ANAVA dua jalur dan Mann Withney. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended dengan gain 0,6575 lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan konvensional dengan gain 0,3736, (2) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mempunyai sikap positif terhadap matematika dengan gain 0,5795 lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mempunyai sikap negatif terhadap matematika dengan gain 0,4453, (3) tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dengan sikap terhadap matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa, (4) ketuntasan belajar siswa siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan open ended mempunyai ketuntasan belajar 90,48% lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan konvensional mempunyai ketuntasan 33,81%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Ari p
Keywords: Kreativitas; Berpikir kreatif; Pendidikan matematika; Open ended; Pembelajaran konvensional; Sikap positif; Sikap negatif; Ketuntansan belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 22 Apr 2016 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item
View Item