MANULLANG, RICKY MAROJAHAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA SMA NEGERI 11 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8176173007 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2 NIM. 8176173007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
3 NIM. 8176173007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4 NIM. 8176173007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5 NIM. 8176173007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6 NIM. 8176173007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7 NIM. 8176173007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
8 NIM. 8176173007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9 NIM. 8176173007 BAB I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13 NIM. 8176173007 BAB V.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
14 NIM. 8176173007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem pencernaan makanan siswa SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan Tahun 2020 dengan dengan jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan mempertimbangkan kriteria tertentu (Purposive Sampling). Kelas XI IPA5 diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas XI IPA6 diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Untuk menjaring data penelitian digunakan tes hasil belajar dan angket motivasi berprestasi yang sahih dan terandal. Tenik analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif, uji persyaratan analisis dan uji Anacova pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 24.0. Hasil penelitian diperoleh: (1) Hasil F = 6,749 dengan nilai signifikansi hitung sebesar 0.012 < taraf signifikan (α) = 0,05 dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan; (2) Hasil F = 75,617 dengan nilai signifikansi hitung sebesar 0.000 < taraf signifikan (α) = 0,005 dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi tinggi dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan rhitung sebesar 0,924 > rtabel sebesar 0,280; (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi rendah dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan rhitung sebesar 0,841 > rtabel sebesar 0,280; (5) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi tinggi dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan rhitung sebesar 0,958 > rtabel sebesar 0,280; dan (6) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi rendah dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan rhitung sebesar 0,913 > rtabel sebesar 0,280.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.572 Man p |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT; MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI; MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 16:41 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 10:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40732 |