Malahayati, Nyak Sari (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2152111031 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 2152111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. NIM 2152111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM 2152111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 2152111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 2152111031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 2152111031 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2152111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
9. NIM 2152111031 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. NIM 2152111031 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
11. NIM 2152111031 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 2152111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 2152111031 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM 2152111031 ENLOSURE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks berita menggunakan strategi pembelajaran RAFT (2) Mendeskripsikan pengaruh menggunakan strategi pembelajaran RAFT dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan rancangan the one group pre-test post-test.. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Medan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, ditetapkan Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis berita. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis berita pada siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran RAFT dengan sesudah menggunakan strategi pembelajaran RAFT (2) strategi pembelajaran RAFT berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks berita. Hal ini ditunjukkan dengan hasil : 1) kelompok pre test memiliki rata-rata 68,90 dengan standar deviasi 6,02; dan 2) kelompok post test memiliki rata-rata 78,63 dengan standar deviasi 5,76. Nilai rata-rata Pre test dan Post test mengalami peningkatan sebesar 9,73%. Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) kelompok pre test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0,093 dan Ltabel = 0,161 maka Lhitung< Ltabel yaitu 0,093 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data pre test berdistribusi normal; 2) kelompok post test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0,142 dan Ltabel = 0,161 maka Lhitung< Ltabel yaitu 0,142 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data post test berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1, df = 30-1 = 29 pada taraf nyata α = 5% = 2,04. Dikarenakan thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa strategi RAFT berpengaruh dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi RAFT; Menulis; Teks Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 05:32 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 05:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40659 |