PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA LKS DAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA

Hasanah, Nur’ (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA LKS DAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151131030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151131030 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151131030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151131030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151131030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151131030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151131030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151131030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151131030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151131030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151131030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 4151131030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 4151131030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 4151131030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 4151131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan media LKS lebih baik dari pada Kartu Soal; (2) Apakah aktivitas belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan media LKS lebih baik dari pada Kartu Soal; (3) Apakah ada korelasi antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan media LKS dan kartu soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 18 Medan, sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen satu dan kelas eksperimen dua. Teknik pengambilan kelas sampel menggunakan purposive sampling. Data hasil penelitian diperoleh dari instrument teshasil belajar berupa tes pilihan berganda dan instrument non-tes. Instrumen tes yang valid sebanyak 25 soal dan dinyatakan reliabel = 0,701. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen I dan II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis I dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Sig < 0,05, yakni nilai Signifikansi hasil 0,002, berarti Ha diterima dan tolak Ho. Untuk uji hipotesis II dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Sig < 0,05, yakni nilai Signifikansi hasil 0,013, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu Aktivitas siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media LKS lebih tinggi dari pada Kartu Soal. Untuk korelasi, menunjukkan korelasi positif antara hasil belajar dengan aktivitas siswa dengan Pearson Correlation 0,511.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 095
Keywords: Problem based learning; Pembelajaran kooperatif; Kartu soal; Hasil belajar; Media pembelajaran; Konsep mol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Aug 2020 09:59
Last Modified: 26 Aug 2020 09:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40366

Actions (login required)

View Item
View Item