Hasanah, Nur’ (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA LKS DAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131030 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 4151131030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 4151131030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM. 4151131030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM. 4151131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4151131030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13.NIM. 4151131030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14.NIM. 4151131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan media LKS lebih baik dari pada Kartu Soal; (2) Apakah aktivitas belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan media LKS lebih baik dari pada Kartu Soal; (3) Apakah ada korelasi antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan media LKS dan kartu soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 18 Medan, sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen satu dan kelas eksperimen dua. Teknik pengambilan kelas sampel menggunakan purposive sampling. Data hasil penelitian diperoleh dari instrument teshasil belajar berupa tes pilihan berganda dan instrument non-tes. Instrumen tes yang valid sebanyak 25 soal dan dinyatakan reliabel = 0,701. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen I dan II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis I dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Sig < 0,05, yakni nilai Signifikansi hasil 0,002, berarti Ha diterima dan tolak Ho. Untuk uji hipotesis II dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Sig < 0,05, yakni nilai Signifikansi hasil 0,013, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu Aktivitas siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media LKS lebih tinggi dari pada Kartu Soal. Untuk korelasi, menunjukkan korelasi positif antara hasil belajar dengan aktivitas siswa dengan Pearson Correlation 0,511.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 095 |
Keywords: | Problem based learning; Pembelajaran kooperatif; Kartu soal; Hasil belajar; Media pembelajaran; Konsep mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 09:59 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 09:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40366 |