PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DI SMA KELAS XI

Simamora, Esra Hana Martina (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DI SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 4152131003 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4152131003 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4152131003 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4152131003 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM 4152131003 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4152131003 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4152131003 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4152131003 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4152131003 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4152131003 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4152131003 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4152131003 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4152131003 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4152131003 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4152131003 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4152131003 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara model Problem Based Learning (PBL) dengan model Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar kimia siswa menggunakan media powerpoint pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model PBL dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model TPS. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik z dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa pada hipotesis hasil belajar diperoleh zhitung <z tabel (17,045 > 1,96) dan pada hipotesis motivasi belajar diperoleh zhitung < ztabel (9,63 > 1,96) maka Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan hasil dan motivasi belajar model pembelajaran PBL dan TPS pada pokok bahasan larutan penyangga. Dari hasil uji linearitas didapat ada hubungan yang linear dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan TPS. Hasil uji korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada kedua kelas eksperimen yaitu 0,825 dan 0,76435, rhitung > rtabel (0,361) maka Ho ditolak. Dengan demikian ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan TPS mengunakan media powerpoint pada pokok bahasan larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 110
Keywords: Problem based learning; Think pair share; Larutan penyangga; Powerpoint; Model pembelajaran; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Aug 2020 15:32
Last Modified: 18 Aug 2020 15:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40346

Actions (login required)

View Item
View Item