UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI MAS AMALIYAH SUNGGAL T.A 2019/2020

Daulay, Ilma Yusnita (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI MAS AMALIYAH SUNGGAL T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4151111033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4151111033 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4151111033 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4151111033 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4151111033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4151111033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4151111033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4151111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4151111033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4151111033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4151111033 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4151111033 TABLES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4151111033 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4151111033 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4151111033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4151111033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4151111033 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4151111033 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 4151111033 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11. NIM 4151111033 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4151111033 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4151111033 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4151111033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4151111033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4151111033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4151111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4151111033 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4151111033 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action researcg), dimana pelaksanaanya terdiri dari siklus-siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan pengumpulan data, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 3 MAS Amaliyah Sunggal yang berjumlah 33 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi program linier. Instrumen yang dilakukan adalah observasi dan tes. Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis meningkat dari 66,67 dengan persentase 52% pada siklus I menjadi 78,78 dengan persentase 87,9% pada siklus II. Hasil tes kemampuan komunikasi siswa pasa setiap aspek, yakni Pada aspek ekspresi matematis nilai rata-rata 68,18 pada siklus I meningkat menjadi 79,55 pada siklus II. Pada aspek menggambar nilai rata-rata 67,42 pada siklus I meningkat menjadi 76,5 pada siklus II. Pada aspek menulis/ menjelaskan nilai rata-rata 64,39 pada siklus I meningkat menjadi 80,3 pada siklus II. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi program linier dikelas XI-IPA 3 MAS Amaliyah Sunggal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 MAT 069
Keywords: Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:28
Last Modified: 30 Sep 2021 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40164

Actions (login required)

View Item
View Item