Trisna, Nelly Febri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Media Audio Visual Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di Kelas V Yayasan Markus Medan Helvetia. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8166181019 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
02. NIM. 8166181019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
03. NIM. 8166181019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
04. NIM. 8166181019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
05. NIM. 8166181019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
06. NIM. 8166181019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
07. NIM. 8166181019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
08. NIM. 8166181019 BAB I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
12. NIM. 8166181019 BAB V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. NIM. 8166181019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Audio Visual Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di Kelas V Yayasan Markus Medan Helvetia. Penelitian dilaksanakan di SD Markus Medan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas V-A dan V-B yang diambil dengan cara purposive sampling class. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry berbasis Media Audio Visual , sedangkan untuk kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional terpilih kelas V-B. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yng digunakan adalah faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil analisis dan temuan peneliti dari lapangan diperoleh beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah, diantaranya perolehan nilai F hitung sebesar 29.76 lebih besar dari F tabel sebesar 4.001, dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Ini berarti bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran inquiry berbasis Media Audio Visual lebih baik dari padapembelajaran konvensional. Perolehan nilai F hitung sebesar 5.123 lebih besar dari F tabel sebesar 4.001, dengan nilai signifikansi 0.027 < 0.05. Ini berarti bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dengan sikap ilmiah tinggi lebih baik dari pada siswa dengan sikap ilmiah rendah, dan nilai F hitung sebesar 0.189 lebih kecil dari F tabel yaitu 4.001 dengan nilai signifikansi sebesar 0.665 > 0.05. Ini berarti bahwa sikap ilmiah tidak berperan baik pada penerapan model pembelajaran inquiry berbasis Media Audio Visual maupun pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.207 1 Tri p |
Keywords: | kemampuan berpikir kreatif; media audio visual; pembelajaran inkuiri dan sikap ilmiah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 04:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39852 |