PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOSIAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA SMP SWASTA DI MEDAN

Romidi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOSIAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA SMP SWASTA DI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809122043 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809122043 Judul.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809122043 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809122043 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (811kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809122043 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 809122043 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809122043 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809122043 Abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809122043 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809122043 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809122043 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809122043 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809122043 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 809122043 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809122043 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 809122043 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809122043 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 809122043 Bab I.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of 10. 809122043 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 809122043 Bab V.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 11. 809122043 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 809122043 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran bermain peran dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran investigasi kelompok; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dengan siwa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah; (3) interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Buddha.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta DR Wahidin Sudirohusodo Medan dan SMP Swasta Wiyata Dharma Medan, pada tahun pelajaran 2011/2012 di kelas VII. Kelas sampel masing-masing 40 siswa, dan masing-masing kelas sampel diambil secara acak. Kelas sampel di SMP Swasta DR Wahidin Sudirohusodo Medan dibelajarkan dengan model pembelajaran bermain peran, sedangkan kelas sampel di SMP Swasta Wiyata Dharma Medan dibelajarkan dengan model pembelajaran investigasi kelompok. Pengelompokan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan kecerdasan interpersonal rendah didasarkan pada hasil tes kecerdasan interpersonal. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sebelum uji statistik dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Untuk menyajikan data uji statistik yang digunakan yaitu statistik deskriptif, dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan anava dua jalur pada taraf signifikan &#945; = 0,05.Hasil penelitian menunjukan: (1) hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siwa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran bermain peran lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran investigasi kelompok, dengan hasil Fhitung sebesar 28,42 > Ftabel sebesar 3,96; (2) hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siwa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, dengan hasil Fhitung sebesar 45,71 > Ftabel sebesar 3,96; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal dalam memengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Buddha, dengan hasil Fhitung sebesar 1,86 < Ftabel sebesar 3,96. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran bermain peran memiliki dampak yang lebih kuat dari model pembelajaran investtigasi kelompok dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Buddha. Demikian juga kecerdasan interpersonal yang tinggi memiliki potensi yang lebih baik dari pada kecerdasan interpersonal rendah. Dalam pembelajaran guru hendaknya memperhatikan model pembelajaran yang akan diterapkan dan juga tingkat kecerdasan interpersonal siswa agar hasil belajar dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 21 May 2016 17:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item
View Item