Tohang, Agustina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT AND INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153121004 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4153121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3. NIM. 4153121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 4153121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 4153121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
9. NIM. 4153121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. NIM. 4153121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4153121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry dan konvensional terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diberi sikap ilmiah, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran inquiry dan konvensional dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMAN 5 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 14 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata–rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inquiry lebih tinggi daripada konvensional yaitu sebesar 69,75 dan 60,50. Berdasarkan hasil uji ANAVA yang dilakukan pada hipotesis I yaitu pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar antara kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model inquiry dan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional diperoleh data Fhitung = 14,64 dan Ftabel = 3,98. Pada hipotesis II pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar antara kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model inquiry dan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional diperoleh data Fhitung = 7,51 dan Ftabel = 3,98. Pada hipotesis III interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar diperoleh data Fhitung = 13,12 dan Ftabel = 3,98. Dari data tersebut maka Fhitung < Ftabel. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran, pengaruh sikap ilmiah, dan interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 138 |
Keywords: | Pembelajaran inquiry; Momentum; Impuls; Tumbukan; Guru; Model pembelajan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 15:14 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39424 |