AZMI, AHMAD (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING ( DISCOVERY LEARNING) BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 TANJUNG BALAI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01 NIM. 4151111001 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
02 NIM. 4151111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
03 NIM. 4151111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
04 NIM. 4151111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
05 NIM. 4151111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
06 NIM. 4151111001 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
07 NIM. 4151111001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08 NIM. 4151111001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 NIM. 4151111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
13 NIM. 4151111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14 NIM. 4151111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dan mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan model penemuan terbimbing (Discovery Learning) berbantuan aplikasi GeoGebra. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII – 2 (dua) SMP Negeri 11 Tanjung Balai T.A 2019/2020 dengan jumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini kemampuan penalaran matematis siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes kemampuan penalaran matematis.Tes berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh bantuan tiga validator.Yaitu dua dosen matematika UNIMED dan seorang guru matematika SMP Negeri 11 Tanjung Balai. Observasi bertujuan untuk melihat kemampuan peneliti dalam pengelolahan kegiatan pembelajaran.Dari hasil tes awal diperoleh 2 orang siswa tuntas, ketuntasan klasikal 5,5% dengan rata-rata nilai tes 46,7 (katagori kemampuan penalaran matematis rendah atau kurang). Ketuntasan klasikal meningkat dari tes awal yaitu tes penalaran matematika siswa siklus I yaitu 19 dari 36 orang (52,78%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 71, 8. Kemudian dari hasil tes penalaran matematis pada siklus ke II diperoleh 29 dari 36 orang (80,5%) telah mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 77, 5.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapkan model penemuan terbimbing (Discovery Learning) berbantuan aplikasi GeoGebra dapat meningkatan kemampuan penalaran matematis siswa.Disarankan agar penerapan model penemuan terbimbing (Discovery Learning) berbantuan aplikasi GeoGebra dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran dalam meningkatkan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 041 |
Keywords: | PTK, penalaran matenatis, Penemuan terbimbing (Discovery Learning), GeoGebra |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:21 |
Last Modified: | 24 Apr 2020 06:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38043 |