PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL

MANULLANG, NATALINA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133331054 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133331054 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 2 . NIM 4133331054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 . NIM 4133331054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133331054 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133331054 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133331054 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133331054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133331054 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133331054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133331054 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133331054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133331054 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133331054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133331054 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133331054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133331054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133331054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4133331054  BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4133331054 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133331054  BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133331054 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4133331054  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4133331054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis mind mapping lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa media mind mapping. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X IPA SMA Negeri 14 MEDAN tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara teknik sampling random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan non tes. Instrumen tes digunakan untuk pengumpulan data hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah di uji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Instrumen non tes berupa lembar observasi digunakan untuk pengumpulan data aktivitas belajar. Data hasil penelitian diperoleh nilai gain di kelas eksperimen mencapai 74,10% dan di kelas kontrol 63,30%. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen (35,67) dan nilai posttest (76,5) terlihat bahwa hasil belajar ini telah mencapai KKM di sekolah tersebut yaitu 75. Pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest (35,33) dan nilai posttest (70,5). Dan aktivitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping lebih baik daripada pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa mind mapping. Dengan rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 76,30 dan di kelas kontrol sebesar 72,70. Kedua kelompok sampel tersebut homogen. Analisis data penelitian berdasarkan uji independent sample t-test dan uji pearson correlate dengan software SPSS 22 pada tingkat signifikasi 0,05 menunjukkan bahwa: 1) peningkatan hasil belajar yang diajarkan dengan melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media mind mapping lebih baik dibandingkan dengan tanpa media mind mapping, 2) aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media mind mapping lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa media mind mapping, 3) ada korelasi yang signifikan antara peningkatan hasil belajar dengan aktivitas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping pada pokok bahasan konsep mol, serta 4) efektifitas hasil belajar dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dengan mind mapping sebesar 14,57%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 258
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing,Mind Mapping, Peningkatan Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Konsep Mol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:47
Last Modified: 27 Feb 2020 07:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37634

Actions (login required)

View Item
View Item