Wandira, Sri Anum Ayu (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS DI MAS ALWASHLIYAH 26 TINOKKAH T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153141054 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4153141054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3. NIM. 4153141054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 4153141054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM 4153141054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 4153141054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4153141054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
8. NIM 4153141054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 4153141054 BAB I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
13. NIM 4153141054 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM 4153141054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi empirik terkait; (1) Perbandingan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIA pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas di MA Alwasliyah 26 Tinokkah; (2) Perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas di MA Alwasliyah 26 Tinokkah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quaisy experiment. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Alwashliyah 26 Tinokkah Kabupaten Serdang Bedagai, dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA MAS Alwashliyah 26 Tinokkah. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen soal berpikir kritis dan instrumen soal hasil belajar yang terdiri atas pretes dan postes. Hasil penelitian perbandingan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas di MA Alwasliyah 26 Tinokkah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa kelas XI yang menggunakan model inkuiri terbimbing dengan inkuiri bebas di MIA MAS Alwashliyah 26 Tinokkah dimana sig. 2-tailed ttabel (1,68) < thitung (6,94). Hasil belajar pada kelas inkuiri terbimbing lebih tingggi dengan nilai rata-rata 78,2 daripada kelas inkuri bebas dengan nilai rata-rata hasil belajar 63; (2) Terdapat perbedaan tidak signifikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI yang menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas di MAS Alwashliyah 26 Tinokkah, dimana ttabel (1,68) > thitung (1,20)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 313 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Inkuiri Bebas; Hasil Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37083 |