FATMAWATI, LUFTHI (2019) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA PISA-LIKE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PANCUR BATU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111049 JUDUL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 4151111049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM. 4151111049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4. NIM. 4151111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 4151111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM. 4151111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM. 4151111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
8. NIM. 4151111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. NIM. 4151111049 BAB I.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
13. NIM. 4151111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
14. NIM. 4151111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika berkarakteristik seperti PISA (PISA-Like) untuk mengukur kemampuan literasi matematika siswa kelas IX pada konten ruang dan bentuk (space and shape) yang berkualitas berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Soal tersebut berbentuk soal uraian sebanyak 5 butir soal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan tipe pengembangan formative evaluation dengan dua tahap yaitu tahap preliminary (tahap persiapan) dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation terdiri dari self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one dan small group), dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-3 SMP Negeri 2 Pancur Batu yang berjumlah 31 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan soal matematika berkarakterisitik seperti PISA yang berkualitas dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Hasil validasi ditunjukkan dari validitas isi oleh pakar ahli yang menyatakan “soal dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas butir tes dengan setiap butir tes dinyatakan “valid” karena thitung ttabel pada setiap perhitungan butir tes. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik yang tercapai dengan persentase 83,3375% dan angket respon guru yang tercapai dengan persentase 87,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 160 |
Keywords: | Soal Matematika PISA-Like, Literasi Matematika, Formative Evaluation |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 15:54 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36223 |