Arimbi, Asmah (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171009 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM 8146171009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (873kB) | Preview
3. NIM 8146171009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8146171009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM 8146171009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
6. NIM 8146171009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM 8146171009 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8146171009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 8146171009 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
13. NIM 8146171009 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 8146171009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis
masalah lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa, (2)
Peningkatan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan
pembelajaran biasa, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal
matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis
siswa, (4) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika
siswa terhadap penigkatan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 6
Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi
perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran
biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan komunikasi
matematis, (2) angket disposisi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah
memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas untuk kemampuan
komunikasi matematis dan disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan
uji ANAVA 2 jalur menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis tersebut
diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan komunikasi
matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik
daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) peningkatan
kemampuan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis
masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) tidak
terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa
terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) tidak terdapat
interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa
terhadap peningkatan disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Ari p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 04:08 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36114 |