Marbun, Sri Rahayu (2019) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI MTs NEGERI BARUS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166171037 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 8166171037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (867kB) | Preview
3. NIM. 8166171037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 8166171037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 8166171037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 8166171037 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 8166171037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 8166171037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
12. NIM. 8166171037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
13. NIM. 8166171037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitianini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran
dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan
siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) Apakah terdapat perbedaan
peningkatan motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran penemuan
terbimbing berbantuan software geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran
langsung, (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran penemuan terbimbing
berbantuan software Geogebra dan kemampuan awal matematis siswa terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara
pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Geogebra dan kemampuan awal
matematis siswa terhadap motivasi belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimensemu.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Barus.
Sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperoleh dua kelas sampel. Kelas
eksperimen I mendapatmodel pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Software
Geogebradan kelaseksperimen II mendapatmodel pembelajaran langsung.Instrumen yang
digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket motivasi
belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA) dan N-Gain. Hasil
penelitianmenunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa yang diberi model pembelajaran penemuan
terbimbing berbantuan software geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran
langsung, (2) Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi model
pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan siswa yang
memperoleh pembelajaran langsung, (3)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran
penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan kemampuan awal matematis
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi
antara pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan
kemampuan awal matematis terhadap motivasi belajar matematis siswa. Berdasarkan
hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar guru menggunakan model penemuan
terbimbing berbantuan software geogebra pada pembelajaran matematika sebagai salah
satu alternatif dalam pembelajaran matematika yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 512.1 Mar p |
Keywords: | Motivasi; Aljabar; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 03:38 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36109 |