Manurung, Yenni (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166176021 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8166176021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
3. NIM. 8166176021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 8166176021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 8166176021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 8166176021 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 8166176021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 8166176021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM. 8166176021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. NIM. 8166176021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 8166176021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan
berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training
dan model pembelajaran konvensional, pengaruh tingkat rasa ingin tahu terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa, perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa
yang memiliki rasa ingin tahu pada kelompok atas dan kelompok bawah, serta
interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan rasa ingin tahu terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan
teknik cluster random sampling yaitu sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama
sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry
training (X-MIA-1) dan kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran
konvensional (X-MIA-3) yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen penelitian ini
terdiri dari dua jenis instrumen yaitu tes keterampilan berpikir kritis siswa dan
kuesioner rasa ingin tahu. Data yang dihasilkan, dianalisis dengan menggunakan
program SPSS. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan berpikir
kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, terdapat pengaruh
tingkat rasa ingin tahu terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, ada perbedaan
keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki rasa ingin tahu pada kelompok
atas dan kelompok bawah, terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry
training dan rasa ingin tahu dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530 Man e |
Keywords: | Model inquiry training, konvensional, rasa ingin tahu, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 03:40 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35999 |