Purba, Chrismanto (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MELALUI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS BUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166171005 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 8166171005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3. NIM. 8166171005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 8166171005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
5. NIM. 8166171005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
6. NIM. 8166171005 TABLES.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7. NIM. 8166171005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM. 8166171005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8166171005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
13. NIM. 8166171005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui validitas, kepraktisan dan
keefektifan bahan ajar yang dikembangkan, dan (2) Mengetahui peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan bahan
ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan
mengggunakan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan di
SMA Markus Medan, uji coba I dilakukan Dikelas X-IPA sedangkan Uji coba II
dikelas X- IPS. Bahan ajar menggunakan model pembelajaran Guided Discovery
Learning berbasis budaya batak toba yang dikembangkan memenuhi kriteria
valid. Bahan ajar yang dikembangkan juga memenuhi kriteria praktis berdasarkan
pendapat ahli, respon siswa dan guru yang menyatakan bahan ajar dapat
digunakan dengan mudah. Bahan ajar yang menggunakan model pembelajaran
Guided Discovery Learning berbasis budaya batak toba yang dikembangkan
memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal
pada uji coba I yaitu 25 orang siswa (83,33%) yang tuntas dari 30 orang siswa,
sedangkan pada uji coba II yaitu 26 orang siswa (86,66% ) yang tuntas dari 30
orang siswa; (2) aktifitas dalam kegiatan pembelajaran yaitu aktivitas siswa pada
seluruh aspek yang diamati berada toleransi waktu ideal yang ditetapkan, dan ratarata nilai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada uji coba I sebesar
3,67 dengan kategori cukup baik dan pada uji coba II sebesar 4,19 dengan
kategori baik; dan (3) respon positif siswa pada uji coba I sebesar 91,15% dan
pada uji coba II mencapai 95,20% siswa merespon positif terhadap komponenkomponen bahan ajar dan kegiatan pembelajaran. Sedangkan untuk kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar
yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery
Learning berbasis budaya batak toba mengalami peningkatan yaitu pada uji coba I
sebesar 83,33% siswa yang tuntas, sedangkan pada uji coba II 86,66% siswa yang
tuntas dengan peningkatan 3,33%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Pur p |
Keywords: | Bahan Ajar, Model Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Budaya Batak Toba. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 05:12 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35903 |