RIZKY, MUHAMMAD ARIF (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111028 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. NIM 4141111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
3. NIM 4141111028 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM 4141111028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM 4141111028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM 4141111028 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM 4141111028 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 4141111028 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 4141111028 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM 4141111028 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
11. NIM 4141111028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
15. NIM 4141111028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
16. NIM 4141111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan tipe Think Pair Share di kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan T.A.2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan yang berjumlah 9 kelas dan menjadi sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang telah dipilih secara acak yaitu kelas VIII-2 menjadi kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas VIII-4 menjadi kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan masing-masing kelas berjumlah 31 orang siswa. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen I NHT, nilai rata-rata pretest adalah 29,75 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,94, sedangkan pada kelas eksperimen II TPS , nilai rata-rata pretest adalah 30,73 dan nilai rata-rata posttest adalah 85,04. Dari hasil analisis data pretest dan posttest dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk mengetahui apakah data homogen. Setelah diuji, terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data pretest dan posttest terbukti berdistribusi normal dan homogen, dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung = −2,22< ttabel (2,00) sementara kriterianya terima H0 jika –ttabel (-2,00) < thitung (−2,22) < ttabel (2,00) ( tidak memenuhi) sehingga tolak H0 dan terima Ha. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan tipe Think Pair Share di kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 109 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS), Komunikasi Matematis |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:06 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35048 |