LAMEA, AFRA SAUSAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141002 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4143141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3. NIM. 4143141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 4143141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4143141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4143141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 4143141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 4143141002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4143141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 4143141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4143141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIA SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 72 orang terdiri dari 2 kelas. Dimana kelas X MIA 2 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (Kelas Eksperimen), dan kelas X MIA 4 diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah (Kelas Kontrol). Instrumen yang digunakan berjumlah 25 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah 77,33 ± 9,66 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ceramah yaitu 69,78 ± 9,29. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0.05 menunjukkan thitung > ttabel (3,38 > 1,997), yang berarti dalam penelitian ini H0 di tolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi Perubahan Lingkungan di kelas X MIA SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 098 |
Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, TWO STAY TWO STRAY, CERAMAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 09:19 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34898 |