Nilmalasari, Rima (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERINTEGRASI POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI KELAS X SEMESTER II SMA DHARMA PANCASILA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121058 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 4141121058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM 4141121058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM. 4141121058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 4141121058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 4141121058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM. 4141121058 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 4141121058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
9. NIM. 4141121058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
13. NIM. 4141121058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM. 4141121058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X SMA Dharma Pancasila T.P. 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-test Post-test Design Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang yang diberi perlakuan model Inquiry Trainning terintegrasi powerpoint dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 orang yang diberi perlakuan konvensional. Instrumen yang dilakukan berbentuk essai tes sebanyak 7 soal yang telah divalidasi oleh validator.
Berdasarkan hasil pengolahan data pre test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 51,47 dan nilai rata-rata kelas kontrol 49,34.Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,2177, ttabel = 2,002 maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pre test kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post test. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,92 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 68,67.Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 4,0694 dan = 1,671. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dan aktivitas terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa meningkatan setiap pertemuan akibat pengaruh dari model pembelajaran Inquiry Training terintegrasi PowerPoint terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan kelas X SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 078 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN ,INQUIRY TRAINING, KETERAMPILAN PROSES SAINS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:19 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34842 |