Suherni (2011) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KERAGAMAN PADA TINGKAT ORGANISASI KEHIDUPAN SMP NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
809735021 Judul.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
809735021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
809735021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
809735021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
809735021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
809735021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
809735021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
809735021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
809735021 Bab I.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
809735021 Bab V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
809735021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertanyaan yang digolongkan dalam taksonomi Bloom dan Marbach yang terdiri dari: (1) tingkat pertanyaan siswa secara lisan dideskripsikan berdasarkan gender dan posisi duduk; serta (2) tingkat pertanyaan siswa secara tulisan yang dideskripsikan berdasarkan gender pada pokok bahasan Keragaman pada Tingkat Organisasi Kehidupan. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian 160 orang siswa kelas VII dari 4 sekolah SMP Negeri yang berada di kabupaten Deliserdang. Dalam penggolongan pertanyaan dalam Taksonomi Bloom menunjukkan hasil penelitian bahwa pertanyaan siswa secara lisan merupakan pertanyaan kognisi tingkat rendah (100%) dengan didominasi pertanyaan mengenai sel (68,75%). Tidak ada perbedaan gender dan posisi duduk dengan tingkat pertanyaan siswa. akan tetapi ada perbedaan posisi duduk siswa dengan jumlah siswa bertanya yaitu siswa yang duduk di depan (68,75%) lebih banyak bertanya daripada di tengah dan di belakang. Pertanyaan siswa secara tulisan merupakan pertanyaan kognisi tingkat rendah (93,85%) dengan topik pertanyaan yang banyak muncul adalah mengenai sel dan jaringan. Tidak ada perbedaan gender siswa dengan tingkat pertanyaan. Pertanyaan siswa secara lisan dalam Taksonomi Marbach tergolong tipe 2 dan 3 yaitu sama-sama sebesar 50% dimana siswa banyak bertanya mengenai sel (68,75%). Ada keterkaitan tipe pertanyaan dengan gender dan posisi duduk. Siswa laki-laki banyak mengajukan pertanyaan tipe 2 (77,78%) sedangkan perempuan banyak mengajukan pertanyaan tipe 3 (71,43%). Ada keterkaitan posisi duduk dengan jumlah pertanyaan siswa, dimana siswa yang duduk di depan (68,75%) lebih banyak bertanya daripada ditengah (25%) dan dibelakang (6,25%). Pertanyaan siswa secara tulisan dalam Taksonomi Marbach banyak berupa pertanyaan tipe 2 yaitu sebesar 54,63% dengan topik pertanyaan sel 26,44%, jaringan 21,13%, organ 4,81%, dan sistem organ 2,25%. Tidak ada keterkaitan tipe pertanyaan dengan gender siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.71 Suh a |
Keywords: | Biologi; Taksonomi bloom; Taksonomi marbach; Pembelajaran sains; Kemampuan bertanya; Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 23 May 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3416 |