GINTING, ELLYASTA (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SIEMPATNEMPU T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111010 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 4141111010 APROVAL SHET.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. NIM 4141111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM 4141111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM 4141111010 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
6. NIM 4141111010 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM 4141111010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM 4141111010 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM 4141111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (755kB) | Preview
13. NIM 4141111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
14. NIM 4141111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share Kelas VII SMP Negeri 3 Siempatnempu tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Siempatnempu dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B dan VII-A sebanyak 64 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa essay sebanyak 5 soal. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray adalah 37,9688 dengan simpangan baku 2,234 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share adalah 36,16 dengan simpangan baku 2,357. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dua pihak, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,15 dengan kriteria pengujian terima Ho dan terima Ha jika -1,9993 < thitung < 1,9993 sehingga terlihat bahwa thitung tidak berada dalam interval tersebut yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share Kelas VII SMP Negeri 3 Siempatnempu tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan think pair share dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khusunya pada materi himpunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 093 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH; MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY; MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:35 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33346 |