ZAKI MUBARAK, AHMAD (2017) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS XI SMK TIK DARUSSALAM MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133111002 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. 4133111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. 4133111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
9. 4133111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5. 4133111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. 4133111002 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7. 4133111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 4133111002 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
10. 4133111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
14. 4133111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
15. 4133111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung pada SMK TIK Darussalam dan untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa terkait
pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK TIK Darussalam dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-TKJ dan kelas
XI-MM sebanyak 72 orang. Kelas XI-TKJ diberi pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI-MM diberi pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis ANCOVA. Diperoleh persamaan regresi kelas eksperimen I adalah dan persamaan regresi kelas eksperimen II adalah . Hasil uji ANCOVA menunjukkan Fhitung yaitu 7,255 dan Ftabel adalah 3,15. Karena , sehingga ditolak dan diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kedua model pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah adalah 42,5% dan model pembelajaran langsung 37,7% terhadap kemampuan pemahaman konsep. Ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih
tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran langsung di SMK TIK Darussalam Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 088 |
Keywords: | PEMAHAMAN KONSEP; PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH; PEMBELAJARAN LANGSUNG |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:15 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33252 |