PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

Sinambela, Jetti H (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166171016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166171016 COVER.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166171016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166171016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (797kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166171016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166171016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166171016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166171016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166171016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166171016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166171016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166171016 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166171016 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166171016 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166171016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166171016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8166171016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8166171016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166171016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166171016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat: (1) Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) Pengaruh model discovery learning terhadap kemandrian belajar siswa, (3) Interaksi antara faktor pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (4) Interaksi antara faktor pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Bina Bersaudara Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling sehingga sampel penelitian adalah siswa kelas VII kemudian secara acak dipilih kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket kemandirian belajar. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,74 dan 0,97 berturut-turut untuk kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan anava 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar siwa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan pembelajaran discovery learning sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan kemandirian belajar siswa, sebagai pembelajaran matematika yang inovatif, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sin p
Keywords: Model Pembelajaran;Kemandirian belajar;Interaksi;KAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 03:56
Last Modified: 09 Mar 2019 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33168

Actions (login required)

View Item
View Item