Sinambela, Jetti H (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166171016 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM 8166171016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
3. NIM 8166171016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM 8166171016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM 8166171016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
6. NIM 8166171016 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8166171016 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM 8166171016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166171016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM 8166171016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat: (1) Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) Pengaruh model discovery learning terhadap kemandrian belajar siswa, (3) Interaksi antara faktor pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (4) Interaksi antara faktor pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Bina Bersaudara Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling sehingga sampel penelitian adalah siswa kelas VII kemudian secara acak dipilih kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket kemandirian belajar. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,74 dan 0,97 berturut-turut untuk kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan anava 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar siwa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan pembelajaran discovery learning sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan kemandirian belajar siswa, sebagai pembelajaran matematika yang inovatif, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sin p |
Keywords: | Model Pembelajaran;Kemandirian belajar;Interaksi;KAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2019 03:56 |
Last Modified: | 09 Mar 2019 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33168 |