LUBIS, YUNIAR LAILA ASFIA (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA S MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4142121016 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2 NIM. 4142121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3 NIM. 4142121016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4 NIM. 4142121016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
5 NIM. 4142121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
6 NIM. 4142121016 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
7 NIM. 4142121016 TABLES.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
8 NIM. 4142121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
9 NIM. 4142121016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
13 NIM. 4142121016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14 NIM. 4142121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, keterampilan siswa dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Medan yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang telah valid dan reliabilitas soal tergolong tinggi dengan nilai 0,74. Uji hipotesis mengunakan uji t dengan taraf α = 0,01. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,8 dan kelas kontrol adalah 36,7. Selanjutnya dilakukan uji normal dan juga homogen, diperoleh bahwa kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak menunjukkan kedua kelas sampel memiliki kemampuan yang sama. Setelah itu, diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diberikan postes dan diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen 80,5 dan kelas kontrol 72,05. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t ,diperoleh thitung = 2,97 sedangkan ttabel = 2,4. Karena thitung > ttabel (2,97>2,4) maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gruop investigation terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil pengamatan psikomotor siswa meningkat, pada pertemuan I 78,30 naik dipertemuan II 82,75 naik dipertemuan III 86,58 . Peningkatan psikomotor siswa mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 067 |
Keywords: | Group Invetigation, Psikomotorik, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 15:39 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32739 |