SARAGIH, DEVI RASMAYANI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143111013 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. NIM. 4143111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM 4143111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 4143111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. NIM. 4143111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM. 4143111013 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM. 4143111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM. 4143111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 4143111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
13. NIM. 4143111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4143111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa melalui penerapan model problem posing dalam pembelajaran matematika di kelas X MIA SMA Negeri 9 Medan pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 36 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing di kelas X MIA-4 SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan berpikir kritis untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas X MIA-4 terdapat 16 siswa (44,44%) yang telah mampu berpikir kritis sedangkan 20 siswa (55,56%) belum mampu berpikir kritis dengan rata-rata kelas 59,61. Pada siklus II terdapat 31 siswa (86,11%) yang telah mampu berpikir kritis sedangkan 5 siswa (13,89%) belum mampu berpikir kritis dengan rata-rata kelas 83,22. Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal mengalami peningkatan dengan presentase pada siklus I sebesar 55,56% dan pada siklus II 86,11%. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan menerapkan model problem posing pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X MIA-4 SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 037 |
Keywords: | Model Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 14:37 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32700 |