SARI, DESI PRAVITA (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN EMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DI MTSN BESITANG T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111007 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 4141111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3. NIM 4141111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 4141111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
5. NIM 4141111007 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 4141111007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 4141111007 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM 4141111007 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 4141111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (921kB) | Preview
13. NIM 4141111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM 4141111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas VIII MTsN Besitang T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Besitang T.A. 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas kedua disebut sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis pretest berupa uraian sebanyak 3 soal dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis posttest berupa uraian sebanyak 4 soal. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah 77,34 dengan simpangan baku 8,966 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalah 58,15 dengan simpangan baku 11,80. Untuk uji hipotesis digunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan, dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel = 7,212 > 1,669 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII MTsN Besitang T.A. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 020 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:31 |
Last Modified: | 15 May 2019 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32589 |