SILITONGA, MASDARIA NATALINA (2018) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142111039 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 4142111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 4142111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4142111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. NIM. 4142111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. NIM. 4142111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM. 4142111039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4142111039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM. 4142111039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM. 4142111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14. NIM. 4142111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing pada materi Program Linier di kelas XI MIA SMA Swasta Raksana Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI MIA 1 yang jumlah siswanya 44 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran problem posing dan siswa kelas XI MIA 3 yang jumlah siswanya 44 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran problem solving. Prosedur yang pertama dalam penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampua awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 59,41 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 55,23. Setelah diterapkannya model pembelajaran problem solving di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 65,9% sedangkan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajara problem posing mengalami peningkatan sebesar 42,5% dengan demikian persentase gain di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing pada materi Program Linier di kelas XI MIA SMA Swasta Raksana Medan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 011 |
Keywords: | Hasil Belajar; Problem Solving; Problem Posing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 15:09 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32023 |