PERBEDAAN KEMNAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MTS KELAS VII YANG DIAJAR MELALUI PENDEKATAN QUANTUM TEACHING (QT) DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)

MASITHAH (2018) PERBEDAAN KEMNAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MTS KELAS VII YANG DIAJAR MELALUI PENDEKATAN QUANTUM TEACHING (QT) DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132111020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132111020 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132111020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132111020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132111020 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132111020 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132111020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132111020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132111020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132111020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132111020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132111020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132111020 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132111020 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132111006 TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132111006 TABLE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132111020 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132111020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4132111020 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4132111020 BAB I.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4132111020 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132111020 BAB V.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4132111020 DAFTAR  PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4132111020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Hikmah Eag Gerger dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas CTL dan kelas VII B yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas Quantum Teaching. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian yang telah divalidasi oleh 3 ahli matematika dan telah di uji reliabilitasnya yang di peroleh nilainya 0,6313 yang hasilnya menunjukkan tinggkat reliabel tinggi.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil postest siswa kelas CTL adalah 86,11 dengan standar deviasi adalah 10,15. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas QT adalah 81,67 dengan standar deviasi adalah 10,91. Dari hasil uji Liliefors menunjukan bahwa data post test kedua kelas bersifat normal. Hasil uji F menunjukka bahwa data postest kedua kelas eksperimen memiliki parian homogen. Hasil uji t diperoleh bahwa
ditolak dan
diterima sehingga dapat di simpulkan kemamampuan rata-rata pememecahan masalah matematik siswa yang diajar menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dari pada pendekatan Quantum Teaching pada materi aljabar di VII MTs Nurul Hikmah Eag Gerger. Hasil analisa lembar jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen CTL memiliki kemampuan proses jawaban lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen QT, pada hampir semua indikator pemecahan masalah, kecuali pada indikator menunjukkan syarat perlu suatu pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 074
Keywords: QUANTUM TEACHING, CONTEXTUAL TEACHING LEARNING, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:36
Last Modified: 25 Feb 2019 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31803

Actions (login required)

View Item
View Item