Sirait, Asril Rais (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SMP NEGERI 42 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172007 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 8166172007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM 8166172007 ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4. NIM 8166172007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 8166172007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 8166172007 TABLES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM 8166172007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM 8166172007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 8166172007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8166172007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
14. NIM 8166172007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam matematika ditinjau berdasarkan gaya belajar setelah pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah; (2) kesalahan dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif dalam matematika ditinjau dari gaya belajar setelah pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 42 Medan kelas VIII-A yang berjumlah 35 orang, kemudian diangkat untuk subjek wawancara berdasarkan gaya belajar Kolb & Kolb yaitu akomodasi, divergen, asimilasi, dan konvergen berdasarkan tingkat yang diperoleh berdasarkan indikator dan aspek kesalahan.
Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat 7 siswa (20%) memiliki gaya belajar akomodasi dengan tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam matematika untuk kategori sedang berjumlah 3 orang siswa, dan kategori rendah berjumlah 4 orang siswa; terdapat 13 siswa (37,14%) memiliki gaya belajar divergen dengan tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam matematika untuk kategori tinggi berjumlah 3 orang siswa, kategori sedang berjumlah 4 orang siswa, dan kategori rendah berjumlah 6 orang; terdapat 10 siswa (28,57%) memiliki gaya belajar asimilasi dengan tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam matematika untuk kategori sedang berjumlah 2 orang siswa, dan kategori rendah berjumlah 8 orang; terdapat 5 siswa (14,29%) memiliki gaya belajar konvergen dengan tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam matematika untuk kategori sedang berjumlah 3 orang siswa, dengan kategori rendah berjumlah 2 orang siswa; (2) untuk kesulitan siswa dengan gaya belajar akomodasi, siswa mengalami kesulitan pada aspek konsep, prosedur, dan prinsip; untuk kesulitan siswa dengan gaya belajar divergen, siswa mengalami kesulitan pada aspek konsep dan prinsip; untuk kesulitan siswa dengan gaya belajar asimilasi, siswa mengalami kesulitan pada aspek fakta, konsep, dan prinsip; untuk kesalahan dan kesulitan siswa dengan gaya belajar konvergen, siswa mengalami kesulitan pada aspek prosedur dan prinsip.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sir a |
Keywords: | Berpikir Kreatif dalam Matematika, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Gaya Belajar Kolb & Kolb |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 10:22 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 10:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31726 |