Purba, Elly Nurhayati (2018) PENGARUH METODE WRITE PAIR SWITCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN INTERAKSI BELAJAR SISWA KELAS V SD SWASTA NURUL HASANAH T.A 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166181006 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 8166181006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 8166181006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8166181006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 8166181006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM. 8166181006 TABLES.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7. NIM. 8166181006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 8166181006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 8166181006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
13. NIM. 8166181006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. NIM. 8166181006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi rendahnya hasil belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik, teridentifikasi permasalahannya adalah penggunaan metode pembelajaran yang dipergunakan masih bersifat konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode write pair switch terhadap kemampuan komunikasi matematik dan interaksi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018, di Sekolah Dasar Swasta Nurul Hasanah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas V-A dan V-B yang berjumlah 38 orang siswa, yang diberikan pembelajaran dengan metode Write Pair Switch dengan masing-masing kelompok terdiri dari 6 siswa dan diberikan pembelajaran dengan metode Write Pair Switch dengan masing-masing kelompok terdiri dari 10 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) karena kelas yang digunakan telah terbentuk sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial Ancova dengan bantuan program Mc. Ecxel dan program SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis dan temuan peneliti dari lapangan diperoleh beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah, diantaranya terdapat pengaruh metode pembelajaran Write Pair Switch terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan uji ANCOVA diperoleh angka signifikan 0,047. Terdapat pengaruh metode pembelajaran Write Pair Switch terhadap interaksi belajar Dengan uji ANCOVA diperoleh angka signifikan 0,028. Terdapat perbedaan proses jawaban siswa dalam Kemampuan Komunikasi Matematis pada kelompok yang terdiri dari 6 siswa dan kelompok yang terdiri dari 10 siswa. Terdapat proses interaksi belajar siswa yang berbeda pada kelompok yang terdiri dari 6 siswa dan kelompok yang terdiri dari 10 siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pur p |
Keywords: | Kemampuan komunikasi matematik, Interaksi Belajar siswa, Write Pair Switch |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 09:56 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31672 |