Arimbi, Era Maini Muji (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMP NEGERI 36 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143311010 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4143311010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
3. NIM. 4143311010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 4143311010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM. 4143311010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 4143311010 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4143311010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4143311010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. NIM. 4143311010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
13. NIM. 4143311010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM. 4143311010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi
matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think
Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di
kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
semester ganjil SMP Negeri 36 Medan yang terdiri dari 9 kelas yang setiap kelas
masing-masing terdiri dari siswa. Pengambilan sampel dilakukan
menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu scara acak klaster-klaster
(kelas-kelas) yang diperlukan diambil dengan proses pengacakan, setiap anggota
yang berada di dalam klaster tersebut merupakan sampel yang diperlukan,
didapatkan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-2 sebanyak 31 siswa
sebagai kelas eksperimen I yang diajar menggunakan model pembelajaran Think
Pair Share (TPS) dan kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen II
yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang telah
divalidkan dengan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi
5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data
posttest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan
homogen. Hasil uji t data posttest diperoleh thitung = 3,715 sedangkan ttabel =
2,0003. Karena thitung > ttabel (3,715 > 2,0003), maka H0 ditolak dan Ha diterima,
menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi
daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 211 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share dan Numbered Head Together, Komunikasi Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 11:46 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31490 |