Pasaibu, Ismail (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156171013 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM 8156171013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM 8156171013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM 8156171013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 8156171013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM 8156171013 TABLES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM 8156171013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 8156171013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
12. NIM 8156171013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13. NIM 8156171013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui perbedaan peningkatan
kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui pembelajaran
berbasis masalah dengan pembelajaran matematika realistik, (2) untuk
mengetahui perbedaan peningkatan Disposisi matematis siswa yang diajarkan
melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran matematika
realistik, (3) untuk mengetahui bagaimana respon siswa pada pembelajaran
berbasis masalah dan pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian ini
adalah kuasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP
Prayatna Medan dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2
di SMP Swasta prayatna Medan berjumlah 72 siswa. Instrumen penelitian terdiri
dari: (1) tes kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) angket disposisi
matematis siswa, (3) angket respon siswa. Data daam penelitian ini dianalisis
dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis
inferensial yang dingunakan adalah analisis kovarian (ANAKOVA). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis
masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Dalam hal ini bahwa
peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang menggunakan pembelajaran
berbasis masalah lebih baik dari pembelajaran matematika realistik. (2) Terdapat
perbedaan yang signifikan disposisi matematis siswa antara yang diberi
pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Hal ini
terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung adalah 6,069
lebih besar dari F tabel yaitu 4,13. (3) Dari hasil angket menunjukkan respon
siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah lebihbaik dari pembelajaran
matematika realistik. Dengan hasil pembelajaran berbasis masalah 70 dan
pembelajaran matematika realistik 66,9.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.8 Pas p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Disposisi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 09:59 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 09:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31467 |