Siregar, Ulul Azmi (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP POSITIF SISWA SMP TERHADAP MATEMATIKA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172076 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 8156172076 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM. 8156172076 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
4. NIM. 8156172076 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM. 8156172076 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM. 8156172076 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 8156172076 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 8156172076 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8156172076 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
13. NIM. 8156172076 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 8156172076 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana: 1) validitas, kepraktisan
dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yang
dikembangkan dan 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan
sikap positif siswa terhadap matematika dengan menggunakan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey
yang terdiri atas 10 tahapan. Penelitian ini menghasilkan produk yaitu Rencana
Pelaksanaan Pembelajarn (RPP), Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS), Lembar
Aktivitas Siswa (LAS), Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM) dan angket
sikap positif siswa terhadap matematika. Uji coba 1 dilakukan di kelas VII-5 dan uji
coba 2 dilakukan di kelas VII-6 SMP Negeri 29 Medan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran valid, baik dari validitas isi maupun
validtas konstruk, 2) perangkat pembelajaran praktis digunakan, dilihat dari penilaian
validator dan respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran yang
dikembangkan, 3) perangkat pembelajaran efektif, dilihat dari ketuntasan belajar dan
aktivitas siswa, 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada
kategori sedang dan 5) adanya peningkatan sikap positif siswa terhadap matematika
dari uji coba 1 ke uji coba 2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sir p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual, Pemecahan Masalah dan Sikap Positif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 03:18 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30917 |