SIREGAR, MASYUNITA (2018) PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL IMAN KECAMATAN SOSA KABUPATEN PADANG LAWAS T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (761kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 06 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 16 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM. 1141113018 MASYUNITA SIREGAR - 15 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kecerdasan interpersonal dalam hal bekerjasama dengan teman sebaya, contohnya ketika menyelesaikan tugas dalam kelompok, anak sulit untuk diajak bekrjasama dengan teman sebayanya, serta sikap anak yang membeda-bedakan teman dan belum
mencerminkan sikap bertanggung jawab seperti merapikan alat main atau belajar yang telah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
proyek terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman.Jenis penelitian ini adalah true eksperimen, dengan desain only posstest control grup design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1dan kelas B2.Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 15 orang anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode proyek, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun. Instrument pengumpulan data yaitu panduan
observasi. Analisis data menggunakan uji-t dan observasi dilakukan
pengobservasian dengan panduan observasi yang telah disediakan dengan taraf nyata α = 0,05.Berdasarkan hasil analisi data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas
eksperimen 7,53 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 6, sehingga kecerdasan interpersonal anak kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan.
Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 6,26 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 5, sehingga kecerdasan interpersonal anak kelas kontrol belum maksimal
berkembang. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis yang menyatakan bahwa thitung (3,628) > ttabel (1,701) pada taraf α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
metode proyek berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 008 |
Keywords: | Kecerdasan Interpersonal ; Metode Proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 16:03 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30213 |