Sirait, Riama Lusia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD CHANDRA KUSUMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122025 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8156122025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
3. NIM. 8156122025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
4. NIM. 8156122025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 8156122025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 8156122025 TABLES.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7. NIM. 8156122025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM. 8156122025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
9. NIM. 8156122025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
13. NIM. 8156122025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 8156122025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil
belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem
posing dengan model pembelajaran langsung (2) perbedaan hasil belajar
matematika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan gaya
kognitif field dependent (3) interaksi antara model pembelajaran dengan gaya
kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Chandra Kusuma
School. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu (quasi experiment) dengan
desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Chandra Kusuma School yang berjumlah 68 orang pada semester genap tahun
ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan cluster random sampling. Sampel
yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 46 siswa. Sampel yang terpilih
adalah kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VC SD Chandra
Kusuma School sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu
tes pilihan berganda yang berjumlah 29 butir dan instrumen CEFT (Children’s
Embedded Figures Test). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor
hasil belajar matematika ranah kognitif. Data diolah dengan menggunakan
analisis statistik yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tidak terdapat
perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model
pembelajaran problem posing dengan model pembelajaran langsung, dimana
Fhitung = 3,27 < F tabel = 4,24 ; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Matematika
siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan gaya kognitif
field dependent, dimana hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya
kognitif field independent lebih tinggi dari hasil belajar Matematika siswa
yang memiliki gaya kognitif field dependent dimana Fhitung = 5,51 > F tabel =
4,24 ; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya
kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Swasta Chandra
Kusuma dimana Fhitung = 0,86 > F tabel = 4,24.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sir p |
Keywords: | Problem Posing, Pembelajaran Langsung, Gaya kognitif, Field Independent, Field Dependent |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Apr 2018 03:04 |
Last Modified: | 07 Apr 2018 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29591 |