PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII SEKOLAH SMP IMELDA MEDAN T.A 2017/2018

Tobing, Minar Trisnawati (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII SEKOLAH SMP IMELDA MEDAN T.A 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 8156182034 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 8156182034 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8156182034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8156182034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 8156182034 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 8156182034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 8156182034 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 8156182034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 8156182034 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 8156182034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 8156182034 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 8156182034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 8156182034 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 8156182034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 8156182034 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 8156182034 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 8156182034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 8156182034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM. 8156182034 BAB I.pdf]
Preview
Text
10 NIM. 8156182034 BAB I.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 8156182034 BAB V.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 8156182034 BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM. 8156182034 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15 NIM. 8156182034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran CTL yang dinilai
monoton sehinggga peneliti mengangkat dalam penelitian dan penelitian bertujuan
untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar PKn yang diajarkan dengan
pendekatan pembelajaran CTL dengan hasil belajar PKn yang diajarkan dengan
pendekatan pembelajaran Ekspositori; (2) perbedaan hasil belajar PKn yang
memiliki berpikir kritis belajar tinggi lebih dengan hasil belajar PKn yang
memiliki berpikir kritis belajar rendah; dan (3) interaksi antara pendekatan
pembelajaran CTL dan berpikir kritis belajar terhadap hasil belajar PKn. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Imelda Medan Tahun
Ajaran 2017/2018 pada semester ganjil yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam
penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling,
dengan mengambil dua kelas dengan jumlah tiap kelas 30 anak. Metode penelitian
ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes hasil belajar PKn dalam bentuk pilihan berganda
sebanyak 30 soal dan instrumen angket berpikir kritis belajar sebanyak 25
pernyataan. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA faktorial 2 x 2.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar PKn siswa kelas
pendekatan pembelajaran CTL lebih tinggi dari pada hasil belajar PKn siswa kelas
pendekatan pembelajaran Ekspositori dengan skor rata-rata pendekatan CTL =
80,29 dan skor rata-rata pendekatan Ekspositori = 61,48 (2) hasil belajar PKn
siswa yang memiliki berpikir kritis belajar tinggi lebih tinggi dari pada hasil
belajar PKn siswa yang memiliki berpikir kritis rendah dengan skor rata-rata
berpikir kritis tinggi = 79,89 dan skor rata-rata berpikir kritis rendah = 61,51; dan
(3) ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan berpikir kritis belajar
terhadap hasil belajar PKn siswa dengan skor rata-rata pendekatan CTL dengan
berpikir kritis tinggi = 87,25 dan rendah = 73,33 sedangkan skor rata-rata
pendekatan Ekspositori dengan berpikir kritis tinggi = 72,53 dan berpikir kritis
rendah = 49,7. Dengan hasil penelitian yang diperoleh diharapkan dapat
diterapkan bagi guru dan sekolah dalam menggunakan pendekatan pembelajaran
CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu perlu ditingkatkan
berpikir kritis belajar siswa dalam pembelajaran dikelas

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Tob p
Keywords: Pendekatan Pembelajaran CTL, Berpikir Kritis Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Mar 2018 03:50
Last Modified: 05 Mar 2018 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29410

Actions (login required)

View Item
View Item