RAMBE, NIA AUDINA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121044 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4133121044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3.NIM 4133121044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 4133121044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM 4133121044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 4133121044 TABLE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM 4133121044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8.NIM 4133121044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9.NIM 4133121044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13.NIM 4133121044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14.NIM 4133121044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD 2) hasil belajar siswa model konvensional 3) sikap belajar siswa dengan kooperatif tipe STAD 4) keterampilan belajar siswa dengan model kooperatif tipe STAD 5) apakah ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xi Semester ganjil SMA Negeri 1 Stabat yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas ekperimen yang masing-masing berjumlah 33 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Hasil belajar yang telah dianalisis memperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen 79,39 dan kelas kontrol 70,69. Sikap siswa selama tiga pertemuan pembelajaran pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu pertemuan I 70,45, pertemuan II 79,79, dan pertemuan III 90,15 sehingga diperoleh rata-rata sikap siswa sebesar 80,13 tergolong aktif. Keterampilan siswa selama tiga pertemuan pembelajaran pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu pertemuan I 60,23, pertemuan II 71,40, dan pertemuan III 87,12 sehingga diperoleh rata-rata keterampilan siswa sebesar 73 tergolong aktif. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,64 sedangkan ttabel = 1,66 sehingga thitung>ttabel (3,64> 1,66) maka hipotesis (Ha) diterima yang berarti ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar dengan pengajaran langsung pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI Semeter I SMA Negeri 1 Stabat T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 004 |
Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD, PEMBELAJARAN LANGSUNG, HASIL BELAJAR SISWA, SIKAP SISWA, KETERAMPILAN SISWA, DAN FLUIDA DINAMIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:21 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28758 |