Nisya, Khairun (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121025 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4133121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 4133121025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4133121025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM 4133121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 4133121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4133121025 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4133121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 4133121025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13. NIM 4133121025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4133121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training (IT) berbantuan Macromedia Flash pada materi suhu dan kalor.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X MAN Rantauprapat T.P. 2016/ 2017 sebanyak 4 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 39 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran IT berbantuan Macromedia Flash dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 39 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa test uraian 10 soal, observasi sikap dan keterampilan proses sains siswa (KPS).
Analisis data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran IT berbantuan Macromedia Flash diperoleh nilai rata-rata Pre-test 30,51 dan nilai rata-rata Post-test 75,29. Hasil uji normalitas, homogenitas, dan uji t dua pihak, data pretes kedua kelas berdistribusi normal, homogen dan berkemampuan awal sama. Hasil uji t postes thitung adalah 3,24 sedangkan ttabel adalah 1,668 menunjukkan thitung > ttabel. Hal ini menyatakan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training (IT) berbantuan Macromedia Flash secara signifikan terhadap keterampilan proses sanis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 032 |
Keywords: | Model IT, KPS, Macromedia Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 24 Feb 2018 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28554 |